Selasa, 14 Mei 2013

Lembar Refleksi PKM PGSD


LEMBAR REFLEKSI
SETELAH MELAKUKAN PEMBELAJARAN

Nama                           : KUSTANDI
NIM                            : 822871735
Program Studi              : PGSD
UPBJJ                         : KOTA BANDUNG


A.      Refleksi Komponen

1.        Apakah Kegiatan membuka pelajaran yang saya lakukan dapat mengarahkan dan mempersiapkan siswa mengikuti pelajaran dengan baik?
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………
2.        Bagaimana tanggapan siswa terhadap materi/bahan ajar yang saya sajikan sesuai dengan yang diharapkan ? (Apakah materi terlalu tinggi, terlalu rendah, atau sudah sesuai dengan kemampuan siswa?)
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………
3.        Bagaimana respons siswa terhadap media pembelajaran yang digunakan? (Apakah media sesuai dan mempermudah siswa menguasai kompetensi/materi yang diajarkan?)
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………
4.        Bagaimanakah tanggapan siswa terhadap kegiatan belajar yang telah saya rancang?
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………

5.        Bagaimana Tanggapan siswa terhadap metode/teknik pembelajaran yang saya gunakan?
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………
6.        Bagaimana kebaikan dan kekuatan saya dalam mengajar dapat dipertahankan bahkan ditingkatkan?
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………
7.        Hal-hal unik (Positif atau negatif) apa yang terjadi dalam pembelajaran yang saya lakukan?
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………
8.        Ketika ditanya tentang dasar dan alasan pengambilan keputusan dan tindakan mengajar yang saya lakukan, apakah saya dapat mempertanggung jawabkan secara ilmiah dan moral?
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………
9.        Apakah siswa telah mencapai penguasaan kemampuan yang telah ditetapkan ?
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………
10.    Apakah siswa telah dapat mengatur dan memanfaatkan waktu pembelajaran dengan baik ?
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………
11.    Apakah kegiatan menutup pelajaran yang saya gunakan sudah dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi pelajaran yang saya sampaikan ………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

B.       Refleksi Menyeluruh
1.        Apakah Rencana Pembelajaran yang saya susun dapat berjalan sebagaimana mestinya ? ( Jika tidak seluruhnnya, Apakah saya telah melakukan penyesuaian Rencana Pembelajaran dengan baik ? )
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………
2.        Apakah Kelemahan-kelemahan saya dalam menyusun dan melakukan pembelajaran ? Dalam hal apa saja ;  penguasaan materi, penggunaan bahan dan media, penataan kegiatan penggunaan metode dan teknik pembelajaran, penataan kegiatan, pengelolaan kelas, komunikasi dan pendekatan terhadap siswa, Penggunaan waktu, serta penilaian belajar ?
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………
3.        Apa saja Penyebab kelemahan saya tersebut dan bagaimana memperbaikinya ke depan?
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………
4.        Apakah kekuatan saya atau hal-hal baik yang telah saya capai dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran ?
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………
5.        Apa penyebab kelebihan dan kebaikan yang telah saya capai dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………
6.        Bagaimana kebaikan dan kekuatan saya dalam mengajar dapat dipertahankan bahkan ditingkatkan ?
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………
7.        Hal-hal unik ( Positif atau Negatif ) apa yang terjadi dalam pembelajaran yang saya lakukan ?
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………
8.        Ketika ditanya tentang dasar dan Alasan Pengambilan Keputusan dan Tindakan mengajar yang saya lakukan, apakah saya dapat mempertanggung jawabkan secara ilmiah dan moral ?
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………





Tidak ada komentar:

Poskan Komentar